KISI-KISI
INSTRUMEN PROFESIONALISME MENGAJAR DOSEN
Variabel
|
Indikator
Sub Variabel
|
Jumlah
Butir
|
Nomor
Angket
|
|
Profesinalisme
Mengajar Dosen
|
a. Kemampuan merencanakan program belajar
mengajar
|
10
|
7, 9, 11, 12,13, 17, 19, 20, 21, 23
|
|
b.
Menguasai
bahan pelajaran
|
10
|
2,
3, 4, 5, 6, 10, 16, 18, 22, 26
|
||
c.
Melaksanakan/mengelola
proses belajar-mengajar
|
4
|
1,
8, 15, 27
|
||
d.
Menilai
kemajuan proses belajar-mengajar
|
6
|
14,
24, 25, 28, 29, 30
|
INSTRUMEN PROFESIONALISME MENGAJAR
DOSEN
Petunjuk
1. Pada angket
ini terdapat 30
pernyataan. Pertimbangkan baik-baik
setiap pernyataan dalam kaitannya dengan pembelajaran yang baru selesai
kamu pelajari, dan tentukan
kebenarannya. Berilah jawaban
yang benar-benar cocok dengan
pilihanmu.
2. Pertimbangkan setiap
pernyataan secara terpisah
dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu
jangan dipengaruhi oleh
jawaban terhadap pernyataan lain.
3. Catat responsmu
pada lembar jawaban
yang tersedia dengan
memberi tanda centang (
),
dan ikuti petunjuk-petunjuk lain
yang mungkin diberikan berkaitan
dengan lembar jawaban. Terima kasih.
Keterangan Pilihan jawaban:
1. = Sangat Tidak Setuju (STS)
2. = Tidak Setuju (TS)
3. = Ragu-Ragu (RR)
4. = Setuju (S)
5. = Sangat Setuju (SS)
No
|
Pernyataan
|
SS
|
ST
|
RG
|
TS
|
STS
|
1
|
Pada saat
mengajar, Dosen menjelaskan apa
yang harus
dicapai mahasiswa setelah
proses
kegiatan
belajar mengajar dilaksanakan.
|
|
|
|
|
|
2
|
Setelah
proses belajar mengajar di kelas, Dosen
menjelaskan keterkaitannya dengan
kehidupan
sehari-hari mahasiswa.
|
|
|
|
|
|
3
|
Dosen menjelaskan
keterampilan dan
pengetahuan seperti apa
yang harus mahasiswa kuasai setelah kegiatan belajar
mengajar.
|
|
|
|
|
|
4
|
Dosen menjelaskan
secara detail tentang istilah yang sulit di mengerti.
|
|
|
|
|
|
5
|
Dosen memberikan
contoh pokok bahasan pelajaran dengan
contoh yang mudah dimengerti.
|
|
|
|
|
|
6
|
Dosen menjelaskan
pokok-pokok bahasan dalam
pembelajaran sesuai dengan urutan di buku.
|
|
|
|
|
|
7
|
Dosen selalu tepat waktu dan pokok bahasan selalu selesai dibahas
sebelum waktu belajar berakhir.
|
|
|
|
|
|
8
|
Pada
saat mengajar di kelas, Dosen membawa SAP (Satuan Acara Pembelajaran).
|
|
|
|
|
|
9
|
Selain membuka
buku pelajaran, Dosen
juga membuka SAP (Satuan Acara
Pembelajaran) pada saat menjelaskan pokok-
pokok
pembahasan
|
|
|
|
|
|
10
|
Dosen menggunakan
media pada saat
menjelaskan pokok
bahasan yang
membutuhkan
media.
|
|
|
|
|
|
11
|
Dosen
tidak hanya menggunakan buku paket,
tetapi terkadang
sumber lainnya yang
berkaitan
dengan pokok pembahasan.
|
|
|
|
|
|
12
|
Media dan
sumber belajar yang
digunakan
oleh Dosen
sangat membantu untuk
lebih
mengerti tentang
pokok pembahasan yang
diajarkan.
|
|
|
|
|
|
13
|
Dosen selalu
memberikan soal sebelum
pelajaran
berakhir.
|
|
|
|
|
|
14
|
Dosen memberikan
soal/pertanyaan dalam
bentuk
tulisan maupun lisan.
|
|
|
|
|
|
15
|
Jika ada mahasiswa yang
ribut, maka Dosen
akan lekas menegur atau memberikan hukuman.
|
|
|
|
|
|
16
|
Jika
ada yang belum dimengerti oleh mahasiswa,
maka Dosen
memberikan kesempatan untuk
bertanya, dan Dosen akan
memberikan
penjelasan
|
|
|
|
|
|
17
|
Mahasiswa
memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan oleh
Dosen pada saat
di depan kelas
|
|
|
|
|
|
18
|
Jika mahasiswa
merasa jenuh, maka
Dosen akan segera mengganti
cara menyampaikan
pelajaran dengan
cara yang lebih
menarik,
sehingga
mahasiswa tidak cepat jenuh.
|
|
|
|
|
|
19
|
Diskusi
juga sering dilakukan di kelas untuk
membahas pokok
bahasan yang diajarkan
Dosen
|
|
|
|
|
|
20
|
Pada saat
akan dilakukan diskusi,
Dosen
membagi mahasiswa
ke dalam beberapa
kelompok, dengan
kemampuan yang
bervariasi
|
|
|
|
|
|
21
|
Urutan kegiatan
diatur dengan baik,
dan
ketika
kegiatan seharusnya dilakukan di luar
kelas, tetapi tidak dapat dilaksanakan, maka
Dosen akan
mengganti dengan kegiatan
lain
yang
dilakukan di dalam kelas.
|
|
|
|
|
|
22
|
Dosen menjelaskan
setiap pokok bahasan
seakan-akan
dari yang paling mudah menuju
yang sedikit
rumit, sehingga mahasiswa
lebih
mudah
memahami.
|
|
|
|
|
|
23
|
Dosen telah
menetapkan urutan kegiatan pembelajaran sebelum
kegiatan belajar
mengajar dimulai,
jadi tidak ada
waktu
terbuang sia-sia
pada saat proses
belajar
mengajar
sudah dilaksanakan di kelas.
|
|
|
|
|
|
24
|
Setiap Dosen
memberikan soal, Dosen
akan
menjelaskan kepada
mahasiswa berapa nilai
satu buah soal, biasanya
sesuai dengan tingkat kesulitan soal.
|
|
|
|
|
|
25
|
Setiap
memberikan soal, selalu ada soal yang
ditekankan
untuk dikerjakan terlebih dahulu,
karena
mempunyai nilai yang lebih dari soal
lain.
|
|
|
|
|
|
26
|
Setelah soal
dikumpulkan, dan Dosen
menjelaskan jawaban
yang benar, mahasiswa
sudah mengerti
nilai apa yang akan
mereka
dapatkan, sesuai
dengan nilai setiap
soal
yang
telah dijelaskan sebelumnya
|
|
|
|
|
|
27
|
Sistem
penilaian pada saat Dosen memberikan
tes dalam
bentuk lisan dan
tulisan dapat
dimengerti
mahasiswa dengan baik
|
|
|
|
|
|
28
|
Mahasiswa
bebas memilih mengerjakan soal yang mana
terlebih dahulu, tetapi
bobot nilai
setiap soal
telah dijelaskan terlebih
dahulu
oleh
Dosen.
|
|
|
|
|
|
29
|
Dosen menetapkan
peringkat secara terbuka,
sesuai dengan
hasil evaluasi yang
dapat
dihitung
dengan perhitungan yang jelas.
|
|
|
|
|
|
30
|
Mahasiswa
dapat menghitung dengan perhitungan yang dijelaskan oleh Dosen, tentang nilai
yang akan mereka dapatkan
(dari nilai
harian, mid
semester, dan ujian
semester),
dan diharapkan
dapat memperbaiki
kekurangan-kekurangan
yang dimiliki).
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar