WELCOME TO MY BLOG

Jumat, 05 Oktober 2018

Instrumen Penelitian "Profesionalisme Mengajar"

KISI-KISI INSTRUMEN PROFESIONALISME MENGAJAR DOSEN
Variabel
Indikator Sub Variabel
Jumlah Butir
Nomor Angket


Profesinalisme Mengajar Dosen
a.       Kemampuan merencanakan program belajar mengajar
10
7, 9, 11, 12,13, 17, 19, 20, 21, 23

b.      Menguasai bahan pelajaran

10
2, 3, 4, 5, 6, 10, 16, 18, 22, 26

c.       Melaksanakan/mengelola proses belajar-mengajar
4
1, 8, 15, 27

d.      Menilai kemajuan proses belajar-mengajar
6
14, 24, 25, 28, 29, 30




INSTRUMEN PROFESIONALISME MENGAJAR DOSEN
Petunjuk 
1.       Pada  angket  ini  terdapat  30  pernyataan.  Pertimbangkan  baik-baik  setiap pernyataan dalam kaitannya dengan pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari,  dan  tentukan  kebenarannya.  Berilah  jawaban  yang  benar-benar cocok dengan pilihanmu.
2.       Pertimbangkan  setiap  pernyataan  secara  terpisah  dan  tentukan kebenarannya.  Jawabanmu  jangan  dipengaruhi  oleh  jawaban  terhadap pernyataan lain.
3.       Catat  responsmu  pada  lembar  jawaban  yang  tersedia  dengan  memberi tanda  centang  ( ),  dan  ikuti  petunjuk-petunjuk  lain  yang  mungkin diberikan berkaitan dengan lembar jawaban. Terima kasih.
 Keterangan Pilihan jawaban:
1. = Sangat Tidak Setuju (STS)
2. = Tidak Setuju (TS)
3. = Ragu-Ragu (RR)
4. = Setuju (S)
5. = Sangat Setuju (SS)
No
Pernyataan
SS
ST
RG
TS
STS
1
Pada  saat  mengajar, Dosen menjelaskan  apa
yang  harus  dicapai  mahasiswa  setelah  proses
kegiatan belajar mengajar dilaksanakan.





2
Setelah proses belajar mengajar di kelas, Dosen
menjelaskan  keterkaitannya  dengan
kehidupan sehari-hari mahasiswa.





3
Dosen  menjelaskan  keterampilan  dan pengetahuan  seperti  apa  yang  harus  mahasiswa kuasai setelah kegiatan belajar mengajar.





4
Dosen  menjelaskan  secara  detail  tentang istilah yang sulit di mengerti.





5
Dosen  memberikan  contoh  pokok  bahasan pelajaran  dengan  contoh  yang  mudah dimengerti.





6
Dosen  menjelaskan  pokok-pokok  bahasan dalam pembelajaran sesuai dengan urutan di buku.





7
Dosen  selalu tepat waktu dan  pokok bahasan selalu selesai dibahas sebelum waktu belajar berakhir.





8
Pada saat mengajar di kelas, Dosen membawa SAP (Satuan Acara Pembelajaran).





9
Selain  membuka  buku  pelajaran,  Dosen  juga membuka  SAP (Satuan Acara Pembelajaran) pada saat menjelaskan pokok-
pokok pembahasan





10
Dosen  menggunakan  media  pada  saat
menjelaskan  pokok  bahasan  yang
membutuhkan media.





11
Dosen tidak hanya menggunakan buku paket,
tetapi  terkadang  sumber  lainnya  yang
berkaitan dengan pokok pembahasan.





12
Media  dan  sumber  belajar  yang  digunakan
oleh  Dosen  sangat  membantu  untuk  lebih
mengerti  tentang  pokok  pembahasan  yang
diajarkan.





13
Dosen  selalu  memberikan  soal  sebelum
pelajaran berakhir.





14
Dosen  memberikan  soal/pertanyaan  dalam
bentuk tulisan maupun lisan.





15
Jika  ada  mahasiswa  yang  ribut,  maka  Dosen  akan lekas menegur atau memberikan hukuman.





16
Jika ada yang belum dimengerti oleh mahasiswa,
maka  Dosen  memberikan  kesempatan  untuk
bertanya,  dan  Dosen  akan  memberikan
penjelasan





17
Mahasiswa memperhatikan dengan baik apa yang disampaikan  oleh  Dosen  pada  saat  di  depan kelas





18
Jika  mahasiswa  merasa  jenuh,  maka  Dosen  akan segera  mengganti  cara  menyampaikan
pelajaran  dengan  cara  yang  lebih  menarik,
sehingga mahasiswa tidak cepat jenuh.





19
Diskusi juga sering dilakukan di kelas untuk
membahas  pokok  bahasan  yang  diajarkan
Dosen





20
Pada  saat  akan  dilakukan  diskusi,  Dosen
membagi  mahasiswa  ke  dalam  beberapa
kelompok,  dengan  kemampuan  yang
bervariasi





21
Urutan  kegiatan  diatur  dengan  baik,  dan
ketika kegiatan seharusnya dilakukan di luar
kelas,  tetapi tidak dapat dilaksanakan, maka
Dosen  akan  mengganti  dengan  kegiatan  lain
yang dilakukan di dalam kelas.





22
Dosen  menjelaskan  setiap  pokok  bahasan
seakan-akan dari yang paling mudah menuju
yang  sedikit  rumit,  sehingga  mahasiswa  lebih
mudah memahami.





23
Dosen  telah  menetapkan  urutan  kegiatan pembelajaran  sebelum  kegiatan  belajar
mengajar  dimulai,  jadi  tidak  ada  waktu
terbuang  sia-sia  pada  saat  proses  belajar
mengajar sudah dilaksanakan di kelas.





24
Setiap  Dosen  memberikan  soal,  Dosen  akan
menjelaskan  kepada  mahasiswa  berapa  nilai  satu buah  soal,  biasanya  sesuai  dengan  tingkat kesulitan soal.





25
Setiap memberikan soal, selalu ada soal yang
ditekankan untuk dikerjakan terlebih dahulu,
karena mempunyai nilai yang lebih dari soal
lain.





26
Setelah  soal  dikumpulkan,  dan  Dosen
menjelaskan  jawaban  yang  benar,  mahasiswa
sudah  mengerti  nilai apa  yang  akan  mereka
dapatkan,  sesuai  dengan  nilai  setiap  soal
yang telah dijelaskan sebelumnya





27
Sistem penilaian pada saat Dosen memberikan
tes  dalam  bentuk  lisan  dan  tulisan  dapat
dimengerti mahasiswa dengan baik





28
Mahasiswa bebas memilih mengerjakan soal yang mana  terlebih  dahulu,  tetapi  bobot  nilai
setiap  soal  telah  dijelaskan  terlebih  dahulu
oleh Dosen.





29
Dosen  menetapkan  peringkat  secara  terbuka,
sesuai  dengan  hasil  evaluasi  yang  dapat
dihitung dengan perhitungan yang jelas.





30
Mahasiswa dapat menghitung dengan perhitungan yang dijelaskan oleh Dosen, tentang nilai yang akan  mereka  dapatkan  (dari  nilai
harian,  mid  semester,  dan  ujian  semester),
dan  diharapkan  dapat  memperbaiki
kekurangan-kekurangan yang dimiliki).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar